Tuesday, 26 January 2021

Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2

Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2. Khasiat tumbuhan ini dari sari pati serapannya bagus bagi kesehatan sel-sel saraf otak. 

Khasiat daun pecut kuda dari sari pati serapannya terbilang sangat bagus bagi kesehatan sel-sel saraf otak. 

Mengonsumsian daun pecut kuda terlalu berlebihan maka hal tersebut malah bisa menyebabkan efek samping gejala kesehatan yang serius. 

Gejala-penyakit dan efek samping daun pecut kuda yang paling sering ditemukan dalam beberapa kasus overdosis penggunaannya yaitu penyakit Alzheimer (kemunduran otak). 

Dimana memang daun pecut kuda memiliki kandungan Asam Askorbat, Zat Pati, dan Betaine yang jika asupannya terlalu banyak.

Maka dapat menimbulkan gejala pikun atau hilang ingatan sesaat, terkhusus bagi para lansia. “Khasiat daun pecut kuda terbilang sangat bagus bagi kesehatan


Baca juga : Artikel terkait


Tak lupa di ucapkan Terima kasih, telah berkunjung di artikel ini. Mohon kiranya mau memberikan komentar di akhir artikel ini.


Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2
 Pecut kuda – yang memiliki manfaat bagi kesehatan


Manfaat dan khasiat tanaman Pecut kuda


Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2. Pecut kuda memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia yaitu untuk obat. 

Tumbuhan pecut kuda memiliki kanduangan kimia seperti alkaloid fan glikosa. Alkaloid dan glikosa dapat menangani penyakit amandel , radang tenggorokan, batuk dan hepatitis A.

Berikut beberapa manfaat tanaman pecut kuda yang perlu diketahui :

  • Mencegah Penyakit
  • Flu dan Batuk
  • Malaria
  • Sakit Perut & Pencernaan
  • Gangguan pencernaan, 
  • Refluks asam, 
  • Maag, 
  • Sembelit, 
  • Pencernaan lambat atau konstipasi.
  • Batu Empedu
  • Kanker
  • Diabetes


Bagian tanaman pecut kuda yang sering digunakan untuk pengobatan adalah bunga, akar dan daunnya.

Tanaman pecut kuda juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kencing batu, rematik, haid tidak teratur dan keputihan.

Kalau dikonsumsi rasanya pahit dan sifatnya dingin. Tanaman pecut kuda berkhasiat sebagai pembersih darah, antiradang, dan peluruh kencing (diuretik). 

Semua khasiat yang dikandung pecut kuda, disebabkan oleh kandungan glikosida flavonoid, dan alkaloid yang ada dalam herbal pecut kuda.

Bunga dan tangkai pecut kuda dapat mengobati radang hati atau hepatitis A. Keputihan yang sering dialami oleh wanita juga dapat diatasi menggunakan air rebusan akar pecut kuda

Tumbuhan pecut kuda yang di Sunda disebut Jarong ini, berasal dari Amerika Tropis. Ia mudah ditemukan di daerah cerah, sedang dan terlindung dari sinar matahari. 

Pecut kuda bisa hidup lebih baik, pada ketinggian 1 sampai 1.500 meter dari permukaan laut.

Daun pecut kuda berasal dari sebuah tanaman yang bentuk bunganya menyerupai bentuk pecut. yang digunakan dalam menjalankan kereta kuda. 

Tanaman berbunga pecut kuda sudah terkenal di Filipina dengan nama Kandikadilaan dan juga China dengan nama Yulongbian. 

Daun pecut kuda memiliki bentuk dan penampakan yang mirip dengan daun mint, maka tak heran banyak orang yang sering keliru dalam membedakan kedua daun yang mirip tersebut.

Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2 Tanaman pecut kuda memiliki jenis daun yang bergerigi pada bagian pinggirnya. 

Bunga pecut kuda berwarna ungu dan bisa tumbuh hampir sepanjang tahun karena tanaman ini bisa hidup dalam musim apapun.

Tanaman pecut kuda sendiri tidak terlalu besar, tinggi maksimalnya bisa mencapai 1 meter. Khasiat daun pecut kuda untuk pengobatan bisa dijadikan sebagai obat dalam.

Meminum air rebusan pecut kuda, atau sebagai obat luar yaitu meraciknya menjadi halus kemudian dioleskan.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun pecut kuda, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan. 


1. Mengatasi radang tenggorokan


Khasiat pecut kuda utuk tenggorokan yaitu dapat mengatasi peradangan. 

Tenggorokan adalah salah satu bagian dari tubuh yang sering meradang karena suatu infeksi. Bisa menyembuhkannya dengan mengonsumi rebusan daun pecut kuda.


2. Mengobati amandel


Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2 Penyakit amandel dapat obati dengan menggunakan khasiat daun pecut kuda

Amandel biasanya akan sakit ketika mengalam pembengkakan yang disertai dengan nyeri. Pecut kuda. Cobalah untuk meredakan nyerinya dengan daun pecut kuda.


3. Meredakan batuk


Khasiat daun pecut kuda untuk batuk didukung oleh kandungan senyawa didalamnya yang mampu menghilangkan rasa gatal pada batuk. 

Daun Pecut kuda juga akan membantu tubuh Anda untuk membuang dahak batuk dengan mudah.


4. Mengatasi infeksi saluran kemih


Khasiat daun pecut kuda hampir sama dengan beberapa jenis daun lainnya yaitu mengatasi infeksi yang menyerang saluran kemih. 

Saluran ini sering mengalami gangguan karena paling potensial terkena berbagai macam bakteri penyakit.


5. Obat peradangan liver


Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2 Khasiat daun pecut kuda juga ampuh untuk mengobati liver yang meradang. 

Organ liver atau hati juga bisa mengalami peradangan jika ada gangguan kesehatan yang akan menyerang organ ini. 

Pecut kuda bisa membantu liver agar menjadi lebih kuat untuk mencegah penyakit.


6. Mencegah rematik


Anti rematik merupakan fungsi dari daun pecut kuda. Daun ini secara aktif membuat tubuh jauh lebih bertahan dari serangan nyeri.

Pecut kuda dapat menghilangkan rasa nyeri yang diakibatkan oleh penyakit rematik yang ada pada tulang.


7. Pelancar haid


Kaum wanita yang sering mengalami haid yang tidak lancar bisa mencoba khasiat daun pecut kuda

Rebusan air dari daun Pecut kuda akan membantu tubuh mengatur hormone dengan lebih baik agar haid pun juga lebih teratur.


8. Mencegah keputihan


Khasiat daun pecut kuda yang masih berkaitan dengan kewanitaan yaitu mencegah datangnya keputihan. 

Daun Pecut kuda mampu menjaga kesegatan miss V dari serangan jamur yang menyebabkan munculnya keputihan.


9. Obat hepatitis


Penyakit yang bisa cegah dengan menggunakan daun pecut kuda sebagai obat herbal yaitu penyakit hepatitis. 

Kandungan senyawa dalam daun Pecut kuda cocok untuk melawan faktor pemicu penyakit tersebut.


10. Mengatasi penyakit kulit


Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2  Pecut kuda dapat mengatasi penyakit kulit yang mungkin sering rasakan, seperti gatal dan juga bisul. 

Cobalah pengobatan herbal dengan menggunakan daun pecut kudaDaun Pecut kuda bisa menjadi obat oles luar pada kulit yang manjur untuk penyakit kulit.

Selain manfaat dan khasiat daun pecut kuda untuk kesehatan, dari daun Pecut kuda yang perlu ketahui. Berikut ini manfaat dan khasiat daun pecut kuda lainnya :

  • Anti kanker
  • Mengatasi jamur
  • Anti bakteri
  • Menyehatkan tubuh
  • Menyegarkan tubuh


Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat daun Pecut kuda yang sehat pula. 

Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal.




Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2
 Pecut kuda – dapat mengobati sariawan pada mulut


Efek tanaman Pecut kuda


Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2. Efek Samping Pecut Kuda menurut pakar Nutrisionist. 

Meskipun belum terdapat laporan medis terkait efek samping dari tanaman pecut kuda.

Penelitian Pecut kuda menunjukkan hal sebaliknya. Bahkan jumlahnya terbilang terlalu tinggi dalam jumlah per cup/100 gr. 

Maka dari itu mengkonsumsi dari daun pecut kuda ini perlu dibatasi. Hal ini supaya tidak malah menimbulkan masalah-masalah kesehatan berbahaya. 

Sehingga jika asupan Pecut kuda terlalu berlebihan maka bisa merusak sel-sel dinding lambung yang berujung pada penyakit maag dan asam lambung (gastritis). 

Setidak-tidaknya konsumsilah daun pecut kuda ini tidak lebih dari 100 gr/ per hari-nya supaya menghindari efek samping yang membahayakan tersebut.

Metode pengobatan dengan daun pecut kuda ini sejatinya memiliki khasiat yang luar biasa bagus dalam kasus penyakit-penyakit tertentu. 

Bebarapa kasus overdosis dalam penggunaan obat-obatan herbal berbahan dasar daun pecut kuda ini.

Sebagian besar berujung pada masalah kesehatan tulang yaitu Osteoporosis (tulang keropos). 

Perlu dipahami bahwa daun pecut kuda merupakan salah satu jenis daun-dedaunan yang memiliki kandungan Betain dan Asam Pantotenat yang cukup tinggi. 

Jika pengonsumsiannya terlalu berlebihan Pecut kuda dapat merusak sel-sel jaringan tulang secara keseluruhan.

Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2  Dengan demikian tulang akan bisa sangat mudah mengeropos. 

Salah satu efek samping daun pecut kuda yang sering timbul pada banyak kasus adalah munculnya resiko pendarahan di otak (penyakit stroke). 

Bahkan dampak stroke dari pengonsumsian daun Pecut kuda bisa sangat mudah muncul bersaaman dengan kepala yang berasa berat dan pusing. 

jika pengonsumsian Pecut kuda terlalu banyak dan terlalu sering maka hal tersebut malah dapat memicu rangsangan reaksi sel-sel darah merah akan penyakit stroke dan vertigo.

Daun pecut kuda memiliki kandungan senyawa Anti-Inflamasi dan Anti-Oksidan yang cukup bagus namun juga memiliki senyawa asam (zat asam) yang cukup tinggi pula. 

Sehingga dengan begitu maka dapat memicu resiko gejala asam urat yang berlebihan, maka dari itu pengonsumsi Pecut kuda perlu dibatasi dan dihitung secara baik

Pastikan pada saat mengonsumsi daun pecut kuda entah sebagai makanan atau obat herbal jumlahnya tidak terlalu berlebihan. 

Dikhawatirkan senyawa-senyawa yang terdapat pada daun pecut kuda tersebut bisa memicu masalah kesehatan akut, salah satunya masalah kesehatan kronis asam urat.

Tanaman Pecut kuda salah satu jenis daun-daunan yang kandungan Flavonoid-nya terbilang sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan jenis daun-daunan lainnya. 

Namun di samping itu, daun pecut kuda juga terbukti dapat memicu rangsangan pertumbuhan kanker.

Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah-masalah kesehatan organ lambung dan usus, salah satunya yaitu masalah diare (mencret).

Diare (mencret) merupakan masalah kesehatan yang paling mudah terlihat dampak akibatnya ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi daun pecut kuda.

Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2  Efek Samping daun Pecut kuda menurut pakar Nutrisionist


1.  Memicu Pernyakit Maag


Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2  Penelitian Pecut kuda dari salah seorang pakar kesehatan nutrisi dari Biochemistry NUS Medicine, Singapura.  

Efek samping daun pecut kuda jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit maag dan asam lambung (gastritis). 

Hal ini didasari karena daun pecut kuda memiliki kandungan Asam Askorbat yang kadar jumlahnya sangat tinggi.

Sehingga jika asupandari Pecut kuda terlalu berlebihan maka bisa merusak sel-sel dinding lambung yang berujung pada penyakit maag dan asam lambung (gastritis). 

Setidak-tidaknya konsumsilah daun pecut kuda ini tidak lebih dari 100 gr/ per hari-nya supaya menghindari efek samping yang membahayakan tersebut.


2.  Menyebabkan Diare (Mencret)


Pecut kuda dapat mengatasi diare (mencret) merupakan masalah kesehatan yang paling mudah terlihat dampak akibatnya.

Ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi daun pecut kuda, entah sebagai makanan atau sebagai obat herbal untuk penyakit tertentu. 

Bahkan efek samping daun pecut kuda pada kasus diare ini bisa berujung pada perubahan bentuk feses yang berdarah karena kandungan zat asam-nya yang terlalu berlebihan.


3.  Menyebabkan Anemia


Dalam sebuah hasil riset ilmiah dinyatakan bahwa, Efek samping daun pecut kudajuga bisa memicu timbulnya masalah-masalah kesehatan berbahaya. 

Khususnya pada kandungan Asam Pantotenat pada Pecut kuda di dalamnya yang mana jika dikonsumsi secara berlebihan.

Karena terlalu tingginya kandungan Betaine dan Asam Askorbat di dalam Pecut kuda bisa memicu penurunan produktifitas sel-sel darah.

Hal ini berujung pada tidak stabilnya tingkat kadar jumlah darah di dalam tubuh, sehingga demikian maka resiko penyakit anemia tidak dapat terhindarkan.


4.  Memicu penyakit arthritis (Radang Sendi)


Pada hakikatnya, tingginya kandungan senyawa-senyawa yang bersifat asam pada daun pecut kuda dapat sangat berkhasiat bagi sistem imun.

Pecut kuda dapat sangat berbahaya bagi kesehatan struktur persendian tulang secara keseluruhan. 

Meskipun memang dampak dari hal tersebut tergantung pada jumlah pengonsumsi Pecut kuda saja.

Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi daun pecut kuda lebih dari 80-100 gr per harinya.  

Efek samping daun pecut kuda yang dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu penyakit jantung berbahaya, salah satunya penyakit liver dan serangan jantung. 

Selain sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat-obatan herbal atau kimia, daun pecut kuda.

Tanaman Pecut kuda bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan-kuliner rumahan, seperti sup, sayur, tumis, bubur, lalapan, oseng, dan masih banyak lagi. 

Meskipun Pecut kuda tidak memiliki rasa selezat daun bayam, daun kelor, daun seledri, kangkung, daun kenikir, dll. 

Efek samping daun pecut kuda yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menimbulkan masalah-masalah kesehatan yang membahayakan bagi tubuh. 

Oleh karenanya, para pakar medis-nutrisionist menghimbau untuk jeli dan pintar menerapkan metode daun pecut kuda ini.

Sebagai obat-obatan herbal alami Pecut kuda pada beberapa kasus penyakit tertentu. Sel-sel saraf otak selama pengonsumsiannya dalam jumlah kadar yang wajar. 

Daun pecut kuda yang merupakan jenis tanaman subtropis memiliki kandungan senyawa Anti-Oksidan yang sangat tinggi.




Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel " Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2"

Lanjutkan ke Bagian 3

Untuk melengkapi pemahaman tentang manfaat Pecut kuda, silahkan tonton video dibawah ini.

Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "





Pecut kuda – Manfaat dan efek bagi kesehatan | Bagian 2
Pecut kuda - bisa menjadi obat oles luar pada kulit



No comments:

Post a Comment

Tanaman meniran – Khasiat dan efeknya bagi kesehatan - Bagian 4

Tanaman meniran – Khasiat dan efeknya bagi kesehatan - Bagian 4 Penelitian dasar ilmiah mengenai farmakognostik secara kualit...