Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat nyata "Bawang putih" yang banyak belum diketahui orang


Khasiat nyata "Bawang putih", jenis umbi ini umumnya digunakan sebagai bumbu masakan, namun selain itu juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit


Bawang putih ditanam di Asia Tengah, dan telah lama menjadi bahan makanan di sekitar Laut Mediterania, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Bawang putih telah dikonsumsi sebagai makanan dan obat selama ribuan tahun dan diyakini tidak efektif menyembuhkan penyakit tertentu.

Sebuah penelitian menemukan bahwa risiko kanker pankreas 54 persen lebih rendah pada orang yang mengonsumsi bawang putih dibandingkan mereka yang tidak.


Baca juga: Artikel Terkait

Silakan gunakan Google Search Engine, untuk mendapatkan alamat website terkait lainnya.
 

https://keranjangkesehatan.gankoko.com/2024/07/khasiat-nyata-quotbawang-putihquot.html
Gambar - Khasiat nyata "Bawang putih"

Khasiat nyata "Bawang putih"“Bawang Putih” (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic). Dalam sejarah Mesir kuno, bawang putih digunakan baik dalam masakan maupun pengobatan. 

Umbi bawang putih kini menjadi bahan utama bumbu masakan dasar di Indonesia.

Studi lain menemukan bahwa peningkatan konsumsi susu putih memiliki penurunan risiko kanker payudara yang signifikan secara statistik. 

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat diterima sebagai terapi penyakit liver. Bawang putih memberikan manfaat kesehatan.

Memiliki sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun.

Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman dalam keluarga genus Allium yang diproduksi dalam bentuk umbi.

Bawang putih memiliki kandungan senyawa belerang bernama Allicin yang tinggi sehingga membuat bawang putih mentah terasa pahit.


Kandungan "Bawang putih"


Khasiat nyata "Bawang putih"Manfaat Bawang Putih Yang Sebenarnya. Beberapa orang merasa terkejut bahwa bawang putih dapat membantu mencegah kanker jenis ini. 

Bawang putih mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur. Senyawa yang terkandung berupa belerang, Allicin, banyak ditemukan pada bawang putih. 

Kandungan bawang putih per 100 gram: 150 kalori

  • 33 gram karbohidrat
  • 6,36 gram protein

Selain itu diperkaya dengan:

  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • B3
  • B6
  • Folat
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Besi
  • Magnesium
  • mangan
  • Fosfor
  • Kalium
  • Sodium


Manfaat "Bawang putih"


Khasiat nyata "Bawang putih"Bawang putih sudah lama digunakan dan belum bisa dipercaya untuk mengobati berbagai jenis penyakit. 

Bawang putih memiliki bau yang menyengat dan sebagian orang tidak menyukainya.


A. Obat sakit tenggorokan


Khasiat nyata "Bawang putih"Bawang putih sebagai bahan obat sakit tenggorokan. Bawang putih mempunyai sifat antioksidan dan antibakteri.

Juga dapat membunuh sakit tenggorokan yang menjengkelkan. Hal ini disebabkan oleh sakit tenggorokan, gatal, suntik hingga demam.

Gejala radang tenggorokan lebih parah dibandingkan gejala yang berhubungan dengan jenis infeksi bakteri lain yang menyebabkan sakit tenggorokan. 

Kalau bisa ada bintik merah di langit-langit mulut, amandel bengkak. Bawang putih juga dapat membantu menyembuhkan batuk.  

Rasa sakitnya tidak akan bertahan lama setelah mengonsumsi bawang putih. Bawang putih juga dapat mencegah flu dan demam. 

Jika tenggorokan Anda gatal, Anda bisa mengunyah sedikit bawang putih atau mencampurkannya dengan jus wortel atau jus apel.


B. Mencegah pembekuan darah


Khasiat nyata "Bawang putih"Bawang putih dapat meningkatkan produksi oksida nitrat dalam darah. Bawang putih membantu melarutkan darah dan membekukan darah. 

Sifat pembersihan yang terkandung dalam bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena. Yang akan mengencerkan darah dan memperlancar aliran darah. 

Bawang putih berfungsi mengencerkan darah atau bersifat antitrombotik, mencegah penggumpalan darah pada pasien yang berisiko mengalami pembekuan. 

Sebelum mengonsumsi bawang putih, pasien yang sedang menjalani terapi antitrombotik harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 


C. Mencegah kanker


Khasiat nyata "Bawang putih"Bawang putih memiliki sifat melawan kanker alami dan membantu sistem kekebalan tubuh. 

Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis penyakit kanker, seperti kanker usus besar, kanker pankreas, kanker prostat, kanker lambung dan kanker payudara.

Bawang putih diketahui dapat menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Studi yang menyatakan penyebab terjadinya atau penyebaran suatu penyakit. 

Dari analisanya, konsumsilah bawang putih mentah atau matang. Terkait dengan penurunan risiko kanker lambung dan kolorektal. 

Penelitian tentang dampak nutrisi terhadap kanker, asupan bawang merah dan bawang putih mengurangi risiko kanker usus besar. 

Studi tersebut juga menunjukkan apakah pola makan, distribusi lemak tubuh, dan faktor lain berhubungan dengan risiko kanker pada wanita lanjut usia. 

Wanita yang mengkonsumsi bawang putih memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena kanker. 

Kolon bagian distal dibandingkan dengan wanita yang memiliki tingkat konsumsi bawang putih paling rendah. 

Para peneliti menemukan bahwa menyemprotkan bawang putih dan berbagai jenis bawang merah dan daun bawang mengurangi risiko terhadap kerongkongan dan lambung. 

Demikian pula pada penelitian lain, konsumsi sayuran allium, terutama bawang putih dan bawang bombay, menurunkan risiko kanker perut. 

Asupan sayuran allium, terutama bawang putih dan daun bawang, dikaitkan dengan sekitar 50 persen risiko kanker prostat. 

Bawang putih merupakan salah satu dari beberapa sayuran yang memiliki potensi sifat anti kanker.


D. Mencegah dan kerusakan hati


Khasiat nyata "Bawang putih"Bawang putih juga telah diteliti potensinya sebagai pengobatan anti bakteri untuk Helicobacter pylori

Bawang putih dapat mencegah penyakit penyebab peradangan pada lapisan dalam lambung (gastritis) pada manusia.

Radang hati atau lebih dikenal dengan penyakit hepatitis dapat menyebabkan kematian. Hepatitis adalah proses peradangan pada jaringan hati. 

Bawang putih. Penyakit ini lebih dikenal dengan penyakit liver atau penyakit kuning. Namun, tidak semua penyakit kuning disebabkan oleh peradangan pada hati. 

Dari sekian banyak virus yang berada pada tahap pertama penyebab sebagian besar penyakit hepatitis. 

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri, parasit, obat-obatan, bahan kimia yang merusak hati, alkohol, cacingan, atau gizi buruk.

Bawang putih sebagai obat untuk membantu meningkatkan fungsi hati biasanya bersifat hepatoprotektif. 

Bawang putih dapat mencegah dan merusak hati. dan berpotensi menjadi tambahan pengobatan medis konvensional jika terdapat kerusakan hati. 

Bawang putih telah menunjukkan kepastian dalam mengobati penyakit jantung dan memperbaiki patogen seperti bakteri dan virus. 

Penyebab kerusakan hati adalah alkohol, infeksi virus seperti hepatitis dan penyakit genetik.

Para peneliti memberi makan tikus selama tujuh hari, sesuai dengan jumlah kerusakan hati yang mereka timbulkan.

Kemudian memberikan ekstrak udara bawang putih segar kepada tikus tersebut. Mereka berpendapat bahwa hal ini disebabkan oleh kemampuan antioksidan bawang putih. 

Antioksidan memburu dan membunuh molekul oksigen tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel. 

Dalam penelitian, bawang putih menggunakan alkohol untuk menyebabkan kerusakan hati pada tikus. 

Kemudian beri mereka ekstrak bawang putih hitam, yang meningkatkan enzim antioksidan hati.


E. Menurunkan kolesterol


Khasiat nyata "Bawang putih"Meski hanya dalam jangka pendek. Dengan konsumsi yang wajar, bawang putih dapat menurunkan kolesterol. 

Bawang putih. Hal ini dikarenakan kandungan yang terkandung di dalamnya mampu mencegah kerusakan akibat rusaknya lapisan pembuluh darah arteri.


F. Mengurangi risiko serangan jantung


Khasiat nyata "Bawang putih"Risiko serangan jantung bisa dikurangi dengan mengonsumsi bawang putih. 

Penelitian menemukan bahwa ekstrak bawang putih dapat mengurangi penumpukan plak berbahaya di arteri. 

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mencegah perkembangan penyakit jantung yang merupakan penyebab utama kematian. 

Suplemen bawang putih bermanfaat dalam mengurangi penumpukan plak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri yang dapat memicu penyakit jantung.


G. Manfaat nyata bawang putih untuk diabetes 


Khasiat nyata "Bawang putih"Bawang putih berpotensi menurunkan kadar glukosa dan trigliserida yang tinggi. 

Bawang putih juga dapat meningkatkan kadar insulin pada penderita diabetes.

1. Manfaat bagi penderita diabetes


Bawang putih mungkin memberikan manfaat lain bagi penderita diabetes. Selain menurunkan kadar gula darah, bawang putih juga dapat membantu mengendalikan faktor lainnya.  

Bawang putih berkontribusi terhadap diabetes. Ini termasuk kadar kolesterol dan lemak dalam darah, yang dikenal sebagai trigliserida.  

Banyak penelitian lain yang menemukan bahwa bawang putih efektif menurunkan kolesterol. 

Dampaknya nyata dan dapat dilaporkan, menurut laporan Penelitian dan Kualitas Layanan Kesehatan.

Seringkali bawang putih mengembangkan aspek lain untuk penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi dan pengerasan darah, atau aterosklerosis.

Orang bawang putih efektif dalam menurunkan tekanan darah serta perkembangan aterosklerosis.

Artinya bawang putih dapat meningkatkan kesehatan penderita diabetes secara keseluruhan.


2. Menurunkan diabetes (kadar gula darah)


Sehingga dapat membantu penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, bawang putih sangat efektif menurunkan kadar gula darah. 

Dalam percobaan yang melibatkan 60 pasien diabetes tipe 2. 

Subyek penelitian menerima suplemen bawang putih yang disebut Allicor, yang mengandung 150 mg bawang putih. Kemudian bandingkan dengan plasebo, pasien yang memakai. 

Allicor memiliki kadar gula dan fruktosamin yang jauh lebih rendah, indikator gula darah lainnya. 

Penelitian tentang bahan aktif utama dalam bawang putih dan pengaruhnya terhadap tubuh manusia.




Sebagai penutup, terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel “Manfaat Nyata Bawang Putih yang Perlu Anda Ketahui”

Untuk mendapatkan informasi lebih luas dan lengkap mengenai topik ini, silakan gunakan Mesin Pencari Google

Semoga artikel ini memberi manfaat dan inspirasi. Jika ada yang ingin berdiskusi, silakan klik "Hubungi Kami"


Untuk melengkapi pemahaman Anda tentang Khasiat nyata "Bawang putih" 
silahkan tonton video dibawah ini.


https://keranjangkesehatan.gankoko.com/2024/07/khasiat-nyata-quotbawang-putihquot.html
Video - Khasiat nyata "Bawang putih" -
Konsumsi Bawang Putih Mentah Bagus untuk Tubuh: Melindungi Kesehatan Otak dan Jantung

Post a Comment for "Khasiat nyata "Bawang putih" yang banyak belum diketahui orang"